Mengenalkan Anak Gaya Hidup Sehat

Anak-anak menyerap berbagai macam informasi yang ada di sekitarnya. Sebagai orangtua, sudah menjadi kewajiban menyediakan pelajaran yang positif kepada anak. Salah satu hal positif yang bisa diajarkan kepada anak adalah gaya hidup sehat atau alami. Ajari mereka untuk mengenal lingkungan, hewan dan orang-orang yang ada di sekitar mereka.


Berilah contoh yang baik kepada anak. 
Ketika anak-anak melihat Anda memungut sampah meskipun orang lain yang menjatuhkannya, mereka akan melihat nilai perilaku Anda dalam menjaga tempat umum tetap bersih. Berikut ini adalah cara mengajar bergaya anak hidup sehat.

Pilih gaya hidup aktif. 
Berjalan, bersepeda, dan bermain dengan anak-anak Anda dengan jadwal yang teratur akan membiasakan mereka disiplin dan menanamkan pola hidup sehat.


Gunakan transportasi umum. 
Gunakan mobil hanya bila diperlukan, jika tidak, buatlah komitmen untuk menggunakan transportasi umum dengan naik kereta atau bus. Sayangnya transportasi umum di Indonesia belum memadai. Sebaiknya berhati-hatilah dan temani anak Anda saat menggunakan transportasi umum.

Ajak ke tempat budidaya tanaman. 
Mengajak anak ke tempat budidaya tanaman akan memberikan mereka banyak pelajaran tentang asal tumbuhan yang mereka lihat. Ajak juga mereka bertani atau beternak sehingga mereka mengerti sumber makanan yang mereka santap sehari-hari.

Perkenalkan pada satwa liar. 
Mengenalkan anak pada satwa liar dapat membantu mereka memahami bahwa mereka ada sebuah komunitas besar di dunia ini. Kebun binatang sebenarnya bukan cermin kehidupan hewan liar. Hewan liar seharusnya tidak diberikan kandang. Namun kebun binatang adalah pilihan terbaik melihat hewan liar di tengah kota.

Membuat taman keluarga.
 
Ajaklah anak-anak terlibat dalam kegiatan bercocok tanam. Kebun adalah tempat di mana seluruh keluarga bisa berlatih gaya hidup sehat.
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Setiap orang hampir ingin mempunyai hidup yang sehat dan bebas dari penyakit, tetapi hanya sebagian yang memperjuangkan untuk melakukan konsisten dalam menjaga kesehatan.

    Jaga pola makan dan olahraga secara tratur, bila dilakukan secara rutin, maka hidup sehat bisa diraih.

    BalasHapus

notifikasi
close