Biasakan Anak Sarapan Sebelum Berangkat Sekolah

Banyak orang tua yang meremehkan sarapan sampai-sampai anak dibiarkan untuk tidak sarapan. Karena orang tua tidak pernah sarapan, maka anak juga akhirnya terbiasa tidak makan pagi atau sarapan. Padahal  sarapan itu cukup penting untuk mengawali hari anak. Apalagi ketika sudah mulai masuk sekolah, sarapan akan sangat membantu daya ingat, energi serta konsentrasinya di sekolah. Tetapi, jangan sampai  memaksa anak untuk sarapan, karena bisa mengakibatkan anak akan lebih malas untuk sarapan. Untuk mensiasatinya, kita harus mengajak anak untuk mengetahui bagaimana sebenarnya manfaat dan pentingnya sarapan sebelum berangkat sekolah.


Menambah energi yang hilang
Ketika tidur malam, secara tidak langsung anak akan kehilangan energi karena terakhir makan mungkin pukul 7 atau 8 malam. Nah dengan sarapan, anak akan mendapat energi tambahan. Yang penting adalah, ketika beraktivitas selama seharian sampai siang anak tidak akan merasa perutnya keroncongan dan tidak malas.

Daya konsentrasi meningkat
Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa konsentrasi pelajar yang sarapan lebih bagus daripada pelajar yang tidak sarapan. Ketika konsentrasi meningkat, memori serta daya tangkap pelajaran bisa maksimal.

Si Kecil bisa sehat

Bayangkan ketika anak istrahat sekolah bermain-main dan berlari-lari. Atau ketika sedang ada pelajaran olahraga, tetapi anak tidak sarapan? Tentu lemas dan sangat mudah sakit. Dengan sarapan, maka anak akan mempunyai energi yang besar. Selain itu, sarapan bisa mengurangi obesitas anak karena kemungkinan untuk jajan akan berkurang.

Jangan lupa, sarapan yang sehat
Ubah variasi sarapan, entah itu dengan masakan kesukaannya atau dengan tampilan sarapan yang menarik. Mam bisa menyiapkan sayuran dan karbohidrat yang bagus untuk mengawali hari. Buah pun bisa menjadi variasi, seperti apel, jeruk, mangga dan buah-buah lain. Sebagai penutup sarapan, bisa memberikan anak susu.

Ketika anak mengerti bagaimana pentingnya sarapan, ia akan mulai sadar bahwa jika tidak sarapan maka harinya akan kurang maksimal.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

notifikasi
close